Analogi Hidup: Penyelam Mutiara dan Kodok



Bismilah..
assalamu'alaikum blog readers :)


sudah tersenyum hari ini? sudah menyusun rencana mau melakukan apa aja hari ini? buat yg pagi hr ini udah cemberut atau ngeluh, maka sepanjang hari ini akan terasa keruh. ayoo tersenyum. bahagia itu datangnya dr diri sendiri. make your day more beautiful than your dream. kita yg harus mempengaruhi lingkungan agar trasa nyaman utk kita sndiri, jgn smpe mood kita dipengaruhi lingkungan yg terkadang emang ga sesuai dgn keinginan kita. semangat! semoga hr ini lbih baik dr hari kemarin dan besok lbih baik dr hari ini aamien..
well, kira" bgitulah yg ada di pikiran dhie pagi yg mendung ini. udah ngerencanain hr ini mo ngapain aja, dan bangun pagi td mencoba tersenyum sendiri smbil ngaca di kamar sambil bergumam 'alhamdulilah aku bahagia, alhamdulilah aku msh bernapas, alhamdulilah hr ini msh dikasih kesempatan utk gapai cita" dan nyiapin diri utk akhirat.' trus nengok ke suami sambil nanya, "mas, aku cantik ga?" ehehehehh..
kata suami, 'widiiih masih ileran bgitu aja udah cantik loh sygku, gmna kalo udh mandi ya?'
hwahahahahah.. iya sih emang smbil nulis blog ini aja dhie blm mandi. pdhal skrg udh jam 9. hahaa pengen jitak suamiku rasanya >,<


hmm,, sbenernya dhie mo nulis apa sih di postingan kli ini? well, krna dhie sdg hamil 9 bulan dan udh cuti ngajar sjak sbulan yg lalu, jd dhie lbh bnyak ngabisin wktu drmah, ga sibuk kya biasanya, lbh bnyk wktu luang, dan jadilah dhie lbh banyak merenung.. yaah kdg malah jd ngayal hahaa..eits, mimpi smbil melek ding, bukan ngayal :) mimpi yg insyaAllah bakalan dhie wujudkan, insyaAllah..




jadi begini loh teman-temanku yang baik dan benar,,


dhie akhir" ini srg mikirin idup dhie. sbenarnya sih idup dhie simple aja, sama aja kaya kamu semua: kuliah, (eh udh ga kuliah ding huhuuu kgn deh masa" itu), ngamen di bus, tidur sambil jongkok, nutup idung karena kedinginan kena AC, bolos kelas functional grammar wktu d kampus, bulak balik 'berseni' ke kamar mandi, makan coklat pake sambel, berkembang biak, dan melakukan sistem ekskresi, respirasi, transportasi, juga reinkarnasi (saya adalah reinkarnasi dari Dian Sastro Wardoyo) howeks..




nah, tapi, hidup kan gak bisa 'begitu' saja kawan.. bnyak org d dunia ni gak ngerti apa

tujuan hidup mreka n mungkin ga punya cita" yg jelas.. ga pnya rencana jangka pendek n jangka panjang.. n gak punya penggaris segitiga juga busur drajat untuk mengukur sudut.. pdhl murah loh.. dhie wktu msh SD beli jangka gak nyampe 5000 rupiah.. ehemm (ngegaring dulu)..


banyak orang ngejalanin hidup ini sekenanya aja, ktanya sih 'biarkan mengalir seperti air', ikutin aja apa takdir Tuhan. laaaah dhie emang makhluk air sih (keong) tapi ga mau ah klo hidup cm pasrah en ngikutin keadaan. dhie udah dan sedang belajar utk terus capai mimpi" dhie yg blm trcapai. kebanyakan udah tercapai sih, alhamdulilah. Allah emang slalu punya rencana indah utk kita, dan bnyak bngt cita" dhie yg terwujud lbih cepat dr yg dhie targetin.


tapi eh tetapi, kadang nih ya, kyak skrg nih, dhie ngerasa kok dhie lbih bnyak fokus sama kehidupan duniawi yah.. astaghfirullah.. atau mungkin, klo ngeliat kmbali list cita" dhie, yah terkesan duniawi bgt. yg buat akhirat cm cita" paling akhir di nmr terahir: 'khusnul khotimah dgn ridho Allah dan masuk surga'. wew. smua org psti pgn masuk surga. tapi utk menggapainya, kadang kita manusia emang sring lalai.


dan mungkin skrg, dhie lg jernih imannya en pgn lbih termotivasi utk nyiapin kehidupan akhirat dhie ntar.
curhat nih. dhie kesulitan. para pembaca yg budiman..
dhie butuh bantuan niyh.. dhie butuh pendorong. pendongkrak. pemompa. pengirim duit and parcel (lho??). nasehat. lecutan. cambukan. kritikan dan makian kalo perlu.


dhie menganalogikan diri dhie sendiri sebagai mahkluk aer, yaitu sbagai penyelam di laut. 
aku, dhie keong muslimah gaul tapi syar'i (hahaa), adalah si penyelam mutiara. aku ditugaskan bosku utk ngambil mutiara" di bawah laut. simpel aja sbenernya. dan aku berikrar, aku berjanji akan taat pada bosku, dan memenuhi tugasku hanya untuknya. aku pasti dpt hadiah luar biasa dari bosku kalo aku brasil bawa bnyk mutiara. dan bosku baik sekali, aku dikasih peralatan renang lengkap utk menyelam, juga tabung oksigen.


dan disinilah aku sekarang. aku sedang menyelam.




dan mungkin aku perlu buat pernyataan disini,karena takutnya para pembaca sekalian gak tau, bahwa aku, dhie, walopun keliatannya kayak keong, adalah seonggok manusia. sifat" dasar manusia itu: bodoh, ilmunya dikit n gak sempurna, faqir, gak punya apa apa, smua yg kita pnya adlh titipan dr Allah, dha'if, lemah dan lupa serta lalai.


dan begitulah aku sekarang. aku bodoh,faqir,dha'if,lemah dan lupa serta lalai.


aku lalai melaksanakan tugasku, karena aku terlena, kawan. aku terlena oleh keindahan laut. aku terlena oleh pemandangan disekelilingku. ada ikan warna-warni, batu karangnya bagus",, rumput lautnya, bebatuan and pasirnya, ubur-ubur and segala macem bentuk makhluk laut yg indah deh.




aku terlena oleh keindahan itu sampai-sampai aku lupa dengan tugasku. aku lalai dalam tujuan utamaku mencari mutiara sebagai bekal yg akan kuberikan pada bosku.. aku malah asik bermain dgn ikan", aku mengamati bebatuan dan karang, aku bercanda dgn ubur" yg bisa mengeluarkan cahaya bagus bngt, aku berenang-renang gembira di antara ganggang dan rumput laut, tanpa inget waktu. bahkan, ikan-ikan yg indah tapi berduri dan gurita yg elok tapi beracun pun mampu menarik hatiku, dan semakin membuatku lupa.


sampai-sampai,, sampai sampai...........
persediaan oksigenku hampir habis.


aku tersadar. mutiara. aku harus mndapat bnyk mutiara. aku seharusnya mengumpulkan mutiara. kulihat kantung mutiaraku. ada beberapa ekor, eh, butir. tp kuingat kmbali,kupikirkan kembali hasil yg kudapat. akankah bosku senang dgn apa yg kuperoleh? apakah bosku akan menerima mutiara" yg brhasil kukumpulkan? atau jgn" semua mutiara yg kudapat itu palsu?
tiba-tiba aku merasa cemas. aku takut. mutiaraku tidak mencukupi !


smentara tabung oksigenku semakin ringan, isinya semakin berkurang. aku sesak. aku tahu waktuku hampir habis. namun aku belum punya cukup bekal mutiara untuk kupertanggungjawabkan kepada bosku. waduh! bagaimana ini? jagoan datang belakangan. eh salah, maksud dhie, penyesalan selalu dtng belakangan.


dan seperti itulah aku sekarang. aku menyesal.




aku menyalahkan diriku sendiri kenapa selama ini kugunakan waktu menyelamku hanya untuk bersenang" ? pdhl aku tau bahwa kehidupanku di laut ini hanya sementara. bosku menunggu di atas sana, menyiapkan hadiah luar biasa kalo aku berhasil menjalankan tugasku. knapa aku bermain" dng ikan-ikan itu? pdhl aku tau mereka beracun. tapi tetap saja aku terlena. knapa aku malah duduk bersantai di batu-batu karang yg indah itu? pdhal aku tau mereka bisa saja menggores dan melukaiku. knapa aku justru berenang renang menghabiskan waktuku di antara ganggang dan rumput laut itu? pdhal aku tau tabung oksigenku isinya terbatas.


aku seperti terbangun dari tidur panjangku. kuperiksa persediaan udaraku. masih bersisa. masih ada. bosku baik sekali. ia memberikan volume lebih untukku. dan sisa oksigenku ini harus seoptimal mungkin kumanfaatkan untuk melaksanakan tugasku. aku harus berusaha mengumpulkan banyak mutiara agar bosku puas dan meninggikan derajatku disisinya.


dan itulah yg kulakukan sekarang. aku berusaha mengumpulkan banyak mutiara untuk kupertanggungjawabkan kepada bosku.


aku pun akhirnya menyadari, aku, selembar manusia, ternyata tdk hanya mempunyai sifat bodoh dan lemah serta lupa. namun juga dianugerahi akal pikiran dan nurani. aku punya otak dan hati. dan dengan otak dan hati itulah aku bisa menentukan mana yg benar dan yg salah, mana yg baik dan yg buruk. dengan inderaku aku bisa melihat keindahan, tapi tidak semua yg indah itu membahagiakan atau membawa kebaikan. disinilah akal dan nuraniku berperan. aku harus memutuskan apakah aku akan membiarkan diriku diperbudak hawa nafsuku dan tetap terlena oleh keindahan yg tidak abadi, atau berusaha memantapkan niat awalku untuk melaksanakan amanah yg diberikan bosku? aku telah diberi diberi kemampuan untuk menentukan pilihan.


dan beginilah aku sekarang. aku sedang memilih.




aku berusaha keras menjalani pilihanku. aku tertatih melaksanakan tugasku. namun sifat burukku seringkali menghambatku. lupaku. lalaiku. bodohku. kelemahanku. keterbatasanku. karena itulah kawan, aku butuh sahabat. untuk memberiku dorongan dan nasehat. agar aku tidak terjatuh terlalu dalam. agar aku bisa kembali ke jalur yg benar disaat aku mulai tersesat. dan mungkin kau termasuk tipe orang yg emang harus 'terkejut' atau 'dikejutkan'.


eh, kawan, gimana kalo sekarang kita ngomongin kodok? yaah ini analogi lg. dan knapa hrus kodok? krna dhie suka makhluk air. klo keong, kasian ah buat dipake di cerita yang ini.
so, ada apa dgn si kodok?


coba deh sodara sekalian, coba yuk kita bayangkan kalo kita taruh kodok atau masukin kodok kedalam panci yg berisi air mendidih di atas kompor yg nyala. pasti kodok itu langsung loncat kepanasan. tapi coba kalo tu kodok dimasukin ke dalam air dingin dlm panci, dia akan berenang kesenengan,adem ayem seperti biasa seolah ga ada apa". nah trus nyalain kompornya, and panasin pelan-pelan.. psti kodok itu gak bakal cepet ngerasa kalo lama-kelamaan panci tu panas.. dia bakal mati, karena tetep ngerasa nyaman aja padahal mah lama lama dia kepanasan. 


ngerti ga? trus maksudnya apa? jadi begini loh tuan dan nyonya sekalian, dlm hidup ini, trutama saat kita futur, kita butuh yg namanya lecutan atau 'kagetan' (ada ga ya vocab ini?) yg bs bikin kita tersadar dr kesalahan kita atau kesesatan kita atau kenikmatan kita yg bikin kita lalai atau lupa.. haiiggh..


dan tepat itulah yg aku butuhkan sekarang.
aku butuh lecutan.kagetan.cambukan.


supaya aku cepet tersadar. karena kalo kita slalu dlm jalur yg salah tpi merasa nyaman, kita ga akan tau klo kita salah. selama ini hidupku cukup. dlm artian, aku selalu dapatkan apa yg kubutuhkan. sungguh Allah bae banget ma aku,, betapa sering apapun yg aku minta dikabulin sm Allah. dan kalo dipikir", apa yg bs aku kasih untuk Allah-ku? sehari semalam ibadah apa? anggap aja cuma salat. salat 5 waktu. kalo sekali solat 5 menit, sehari semalam cuma 25 menit. tapi kalo udh ngobrol, nonton, maen komputer, berjam-jam, gak kerasa! Allah,, ampuni hambaMu..


maka itulah gunanya teman dan sahabat seiman dlm hidup kita. sahabat akan ngingetin kita kalo kita salah, bukannya malah seneng kalo kita dlm kesulitan, bukannya malah doain yg buruk klo kita dapet kebahagiaan, krna bnyk manusia di dunia ini yg punya sifat iri dengki. dan sahabat yg baik itu yg bisa bikin kita makin dekat sama Allah, makin menambah ketakwaan kita pd Allah, dan slalu mengingatkan dlm kebaikan dan kesabaran..


skrg, jujur aja, lg ngerasa jauh. jauuuuh dari liqoat dan tarbiyah. dulu wktu msh sekolah di pesantren, hampir setiap hari dpt siraman rohani en pndidikan spiritual dari para guru dan sahabat. skrg semakin umur berkurang, jaman berubah, sifat manusia kdg ikut berubah. temen" pun ada yg berubah. ada yg mnuju ke negatif, ada yg mnuju ke positif. yg dulu slalu ngasih tausiyah, skrg malah sibuk dgn dunianya sendiri yg kelewat materialistis en duniawi bgt. mungkin pengaruh pergaulan en modernisasi global. yg dulu zuhud dan istiqomah dlm islam, skrg malah buka jilbab. masyaAllah.. sedih jg siih.. dan mungkin aja kualitasku sbagai hamba Allah jg sdg menurun d mata Allah. hwaaa naudzubillah min dzalik. 


Ya Allah.. tolong jaga hati kami agar slalu terpaut denganMu. berikan kami hidayah dan kekuatan utk slalu berada dlm aturan dan syariatMu, jauhkan kami dari godaan syetan dan hawa nafsu. lindungi kami dan berikan kami umur yg berkah, umur yg bermanfaat dan umur yg kami gunakan utk slalu berbuat kebaikan dalam rangka menggapai cintaMu. aamien..


10 pemantapan diri Dhie Keong Muslimah Gaul tp Syar'i:


1.aqidah yg mantap
2.ibadah yg benar
3.akhlak yg mulia
4.taat suami & berbakti pd ortu
5.luas pengetahuan
6.sehat jasmani & rohani
7.bermanfaat bagi orglain
8.menghargai & memanage waktu
9.mampu melawan nafsu
10.mandiri & bersosialisasi


bismilah..


hmm untuk sementara segini dulu curhatnya. dhie akan segera nulis lagi :)
wassalamu'alaikum.. :D



21 comments:

  1. Wa'alaikumussalam

    MasyaAllah. . .kereeeeeen
    ganbatte ne :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. arigatou nee kaito-kuun... >,<
      ini cepet bgt yak blm lama di post, eeeh si prince of rain ni udh nongol hahaa..

      Delete
  2. wa'alaikumssalam..
    semua tergantung imannya, jika lingkungan negatif iman kuat tidak akan terpengaruh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul skali baaang :) masalahnya, iman manusia sering naik turun.kaya aku hihiii.. moga qta slalu dikasih keistiqomahan dalam iman ya bang aamien..

      Delete
  3. kunjungan ..
    salam sukses selalu ..:)

    ReplyDelete
  4. inspiratif sekali..
    kalau di lihat balik ke diri sendiri

    saya jadi menyesal se nyesal-nyesalnya
    hiks.

    anyway ini kunjungan pertama
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang ubit :)
      makasih ya kunjungannya. dhie juga suka blognya bang ubit. baca yang 'Saat Ayah marah' wuiiih suka hehee :)
      salam kenal juga yaa..

      Delete
  5. Gue suka gambar ikannya.. Ikannya mirip punya gue...
    [Ikan lu kan kecebong yg berenang dicomberan depan rumah]

    Maap, itu jiwa gue yg laen..

    Lo bakal tau tentang gue sama dia kalo lo mau maen ke rumah gue (baca: blog gue) di ghe-oghe.blogspot.com/2012/03/puyenk-dot-aidi-puyenk-dot-net.html?m=1

    Okeh, gue mau kasik makan ikan-ikan gue dulu. [Kecebong maksud dia]

    *tebarin paku di comberan*

    Salam kepala memutar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaa kocaaak kau bang. aku udh ke puyenk dot nya hihihii.. suka bikin puisi trnyata kau bang. keep on writing yaaah :)

      Delete
  6. senang sekali saya membacanya, sangat inspiratif....
    alhamdulillah...., jadi tambah semangat neh.... Makasih banyak ya, Mbak.

    ReplyDelete
  7. Berkunjung...

    Salam kenal :D

    ReplyDelete
  8. artikel yang sangat berbobot juga nih,,, mantap teman blognya keren,,,

    ReplyDelete
  9. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
  10. wahhh
    bener sadaaap bnget ny,, curhatnya,,
    mkin sukses ajh ny,,
    oya kapan" mampir ke blog saya juga ya

    ReplyDelete
  11. postingan yang sangat mengasyikan aku baca..
    I like it... :)

    ReplyDelete
  12. wah bukan hanya berbobot , tapi artikel ini pun menyadarkan saya akan indahnya dunia yang kita singgahi ini :).
    Simak Tantangan Kreatif Blogger Berhadiah Mingguan & Grandprize Android

    ReplyDelete
  13. Inspiratif banget ukht! Salam kenal ya :-)

    ReplyDelete
  14. intinya semangaat yaa seperti di awal postingan :D

    ReplyDelete

wanna share your comments?

* no anonymous please.. write ur name!
* komentar anonim akan dihapus loh :)
* no spamming, no advertising :)
* no bad word and taboo, okeh!

best regards,
simplydhie ♫♪♥

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Photobucket